Pengertian Brand Awareness
Dalam membangun sebuah merk,
langkah pertama yang harus dilakukan oleh pemasar yaitu merk tersebut harus
dikenalkan dulu pada konsumen sehingga konsumen dapat mengetahui keberadaan
merk tersebut dan dapat melekat dihati konsumen. Daya tahu atau daya kenal konsumen
terhadap merk disebut brand awareness
atau kesadaran merk.
Menurut Aaker (1997:90)
mendefinisikan Brand Awareness sebagai berikut “Brand awareness is
capability individual to know or back remember that brand is element from
category speceial product will to wake remember effect them with respect this
brand” yang artinya brand awareness merupakan kemampuan individu untuk
mengetahui atau mengingat kembali bahwa suatu merk merupakan bagian dari suatu
kategori produk khusus yang akan menimbulkan daya ingat mereka terhadap merk
tersebut.
Sedangkan menurut William F. Schoell
dan Joseph P. Gultinan (1990:340) mendefinisikan brand Awareness sebagai
berikut :”Brand awareness is the levels of awareness of a product in any
person to be unrecognized, rejected, accepted, preffered or insisted upon” yang
artinya brand awareness merupakan tingkat kesadran bagi stiap individu untuk
tidak mengenali, menolak, menerima, menyukai atau menuntut terhadapo suatu
produk.
Dari definesi diatas dapat
disimpulkan bahwa brand awareness
adalah kemampuan seorang calon pelanggan atau konsumen untuk mengenali,
menerima, atau mengingat bahwa suatu merk merupakan bagian dari kategori produk
tertentu yang menimbulkan daya ingat mereka terhadap merk tersebut.
Comments
Post a Comment