Dimensi Brand Awareness
Brand Awareness menunjuk
kepada kekuatan keberadaan merk yang ada di pikirankonsumen, menurut Aaker
(1996:330) awareness, dimensi brand
awareness terdiri dari:
1. Recognition
Yaitu konsumen pernah mendengar atau
mengetahui akan suatu merk dari suatu produk tertentu. Level ini merupakan
level yang paling bawah dan biasanya didasarkan pada “ad aided test” dimana
melalui survei responden yangdiberikan beberapa merk dari produk dan diminta
untuk menyebutkan merk yang pernah mereka lihat atau kenal.
2. call
Yaitu konsumen mengetahui merk dari suatu
produk tertentu. Level ini biasanya didasarkan pada “unaided recall test” dimana
dalam test ini responden tidak dibantu dengan menyediakan nama-nama merk yang
mereka tahu dan kenal untusuatu jenis
produk tertentu. Test ini menentukan posisi dan kekuatan suatu merk
karena yang disebutkan responden merupakan nama merk.
2
Graveyard Statistic
Yaitu frekwensi penyebutan merk dari suatu
produk tertentu oleh konsumen
3
Top of Mind
Yaitu konsumen menyebutkan merk dari suatu
produk tertentu yang pertama diingatnya. Ini merupakan level yang paling dalam
brand awareness diman nama merk tersebut mempunyai posisi paling tinggi
dibangdingkan merk lain untu suatu jenis produk tertentu.
4
Brand Dominance
Yaitu konsumen hanya menyebutkan serta mengingatkan
satu macam merk dari produk tertentu.
5
Brand Famialiarty
Yaitu
merk tersebut cukup dikenal oleh konsumen.
6
Brand Knowledge of Salience
Yaitu konsumen mempunyai pendapat mengenai
merk dari suatu produk tertentu.
Comments
Post a Comment