Hubungan Antara Event Marketing dengan Brand Awareness
Promosi yang
dilakukan oleh suatu perusahaan melaui aktifitas event marketing
memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan dalam suatu kondisi persaingan yang
ketat. Event marketing dapat dipadukan
dengan kegiatan pemasaran lainnya, dapat disusun, diorganisir dan dilakukan
dengan cepat untuk mengatasi masalah yang timbul dalam persaingan. Perusahaan
menjadikan event sebagai sarana untuk
mengkomunikasikan pemasrannya, baik dalam bidang seni, musik, atau dibidang
olahraga serta dibidang lainnya.
Untuk membengun merk
banyak dikenal konsumen tidak terjadi begitu saja secara cepat melainkan
memerlukan waktu untuk membangun Awareness, Image dan Position sehingga
dapat diterima oleh konsumen. Peningkatan brand awareness diharapkan
dapat dicapai melaui aktifitas event
marketing sejauh prosedur dalam perencanaan dan pelaksanaanya dilakukan
dengan baik. Semakin tinggi tahapan suatu merk maka makin tinggi pula loyalitas
konsumen terhadap suatu produk. Bahkan suatu merk yang mendapat tempat terbaik
dimata konsumen, akan mendapat awareness
yang tinggi pula dimata masyarakat.
Hal ini dikemukakan
oleh Shimp (2003:660) yang mengatakan bahwa “Event marketing activity well
done and continue can be expected to improve brand awareness go to top of mind
awareness” yang artinya bahwa aktifitas event marketing yang
dilakukan secara baik dan kontinyu dapat diharapkan membantu meningkatkan brand
awareness menuju top of mind awareness.
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa aktifitas event marketing dikatan berhasil apabila menerapkan suatu konsep
yang kreatif, menarik, orisiniil dengan hasil yang mulus dan lancar serta
dilakukan kontinyu maka akan dapat menumbuhkan dan memelihara awareness merk dari produk.
Comments
Post a Comment