Meraih Brand Awareness
Menurut Aaker
(1996:106) untuk meraih kesadaran atau awareness
baik dalam tingakat pengenalan maupun dalam ingatan kembali terhadap suatu merk
dapat diperoleh melaui beberapa pendekatan sebagai berikut :
1.
Memorable
Pesan
yang disampaikan untuk menumbuhkan awareness,
sebaiknya menghasilkan alas an untuk diperhatikan dan tidak mudah untuk
dilupakan. Ada banyak kumpulna pesan yang dikomunikasikan tetapi hanya ada satu
kunci secara sederhana membedakan produk perusahaan dengan produk lainnya atau
sesuatu hal yang tidak biasa dan tidak dilupakan.
2.
Slogan or Jingle (slogan atau semboyan)
Dalam
menumbuhkan suatu awareness konsumen, merk bias dijadikan sebuah slogan atau
jingle bagi suatu produk, sehingga konsumen dapat mengetahuinya atau
mengenalnya, misalnya rokok A Mild dengan slogan ”Bukan Basa Basi”
3.
Sponsor atau Event
Untuk
menumbuhkan suatu kesadaran atau awareness
konsumen terhadap suatu merk produk, perusahaan membuat suatu symbol yang
berhubungan dengan merk tersebut, misalnya mobil operasional Sampoerna dengan
simbol A playing dikiri kanan mobil.
4.
Special and Remember (khas dan mudah)
Dalam
menumbuhkan suatu awareness konsumen
terhadap suatu merk, maka merk tersebut dibuat berbeda atau khas dan mudah
diingat oleh konsumen
5.
Publicity atau publisitas
Dalam
menumbuhkan awareness komsumen
terhadap suatu produk, perusahaan mengadakan suatu kegiatan berupa promosi yang
berhubungan dengan merk, sehingga konsumen akan mengetahui merk yang ditawarkan
tersebut. Publisitas tersebut juga bias membangun minat konsumen untuk membeli
suatu merk produk, serta dapat membantu memposisikan kembali produk yang mapan,
misalnya dengan mengadakan promosi-promosi baik iklan, promosi penjualan dan
personal selling.
6.
Brand to Expanation (perluasan akan merk)
Dalam
menumbuhkan awareness konsumen
terhadap suatu merk, perluasan nama merk dapat dipakai agar merk semakin banyak
diingat pelanggan, misalnya berbagai jenis merk mobil baru yang dikeluarkan
oleh Toyota.
Comments
Post a Comment