Pengertian Lingkungan Kerja

Secara umum dalam suatu organisasi lingkungan dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak terhingga dan mencakup seluruh elemen yang terdapat di luar suatu organisasi. Ndara menyatakan bahwa “lingkungan merupakan terjemahan kata environment, yang dinyatakan sebagai keseluruhan yang mengitari, termasuk yang dikitarinya yaitu manusia”. Dengan demikian lingkungan adalah sesuatu yang mengelilingi manusia, kelompok orang dan mempengaruhinya.
Manusia sebagai sumber daya terpenting dalam kelangsungan hidup suatu organisasi, Salah satu faktor yang mempengaruhi manusia dalam bekerja adalah lingkungan kerjanya. Lingkungan kerja yang kondusif harus diciptakan oleh suatu organisasi, sehingga memungkinkan seorang pegawai baik secara perorangan ataupun kelompok mampu mengaktualisasikan dirinya untuk mengarah kepada pencapaian tujuan suatu organisasi. Menurut Triguno (1999:27), yaitu untuk melakukan program budaya kerja diperlukan persiapan berupa penciptaan lingkungan kerja dengan paradigma yang disepakati untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang lebih efektif dan efisien.  Pada dasarnya manusia akan melaksanakan kegiatannya dengan optimal apabila ditunjang oleh kondisi lingkungan kerja yang sesuai. Suatu kondisi lingkungan kerja dikatakan baik dan sesuai apabila manusia dapat melaksanakan kegiatannya secara optimal, sehat, aman dan nyaman. Peranan lingkungan kerja yang baik adalah sebagai pendorong bagi pegawai sehingga mereka merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya lebih bersemangat dan dapat berproduksi secara optimal. Menurut Alex S. Nitisemito (1991:10), lingkungan kerja sebagai segala sesuatu yang ada di sekitar para pegawai dan yang dapat mempengaruhi dirinya dalam menjalankan tugas-tugas yang dibebankan. Pengaruh ini membuktikan bahwa lingkungan kerja mempunyai peranan nyata dalam kehidupan kerja manusia
Barry Render dan Jay Heizer (2001:239), lingkungan kerja merupakan lingkungan kerja fisik tempat pegawai bekerja yang mempengaruhi kinerja keamanan dan mutu kehidupan kerja mereka. Sedangkan menurut Sedarmayanti (1996:1), lingkungan kerja adalah Keseluruhan alat perkakas dan bahan yang dihadapi, lingkungan sekitarnya dimana seseorang bekerja, metode kerjanya, serta pengaruh kerjanya baik sebagai perorangan ataupun kelompok.
Gouzali Saydam (2000:226), mengatakan bahwa lingkungan kerja adalah “Keseluruhan sarana dan prasarana kerja yang ada disekitar pegawai yang sedang melakukan pekerjaan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan itu sendiri”.

Berdasarkan uraian tersebut maka dapat dilihat bahwa lingkungan kerja mempunyai peranan nyata dalam kehidupan kerja manusia. Peranan lingkungan kerja yang baik adalah sebagai pendorong bagi pegawai sehingga mereka merasa nyaman dalam melakukan pekerjaannya lebih semangat dan dapat bekerja secara otimal. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa faktor lingkungan kerja saat ini telah mendapat perhatian yang besar dibandingkan pada waktu yang lalu. Hal ini dapat terjadi karena seiring dengan meningkatnya standar hidup seseorang, maka ia cenderung menginginkan suasana yang memberikan dukungan dalam melaksanakan pekerjaannya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Event Marketing

Pengertian Brand Awareness

Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Tugas Akhir dan Skripsi