Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai



, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dalam suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting karena dapat menumbuhkan inovasi dan kreativitas seseorang dalam upaya meningkatkan produktivitasnya yang mampu mengarah pada pencapaian tujuan organisasi.
Lingkungan kerja sebagaimana dikemukakan oleh Olson (2000:5)
Lingkungan memiliki dua aspek atau dimensi yaitu lingkungan fisik dan sosial. Dengan demikian lingkungan yang mempengaruhi organisasi bisa bersifat eksternal dan internal. Lingkungan internal yang mempengaruhi organisasi sering disebut sebagai lingkungan kerja.
            Lingkungan kerja yang bersifat fisik menurut Sedarmayanti (1996:23) terdiri dari:
·           Penerangan/cahaya di tempat kerja
·           Temperatur di tempat kerja
·           Kelembaban di tempat kerja
·           Sirkulasi udara di tempat kerja
·           Kebisingan di tempat kerja
·           Getaran mekanis di tempat kerja
·           Bau-bauan di tempat kerja
·           Tata warna di tempat kerja
·           Dekorasi di tempat kerja
·           Musik di tempat kerja
·           Keamanan di tempat kerja

            Kinerja merupakan bentuk aktualitas dari kemampuan, motivasi dan kesempatan yang dimiliki pegawai. Kinerja pegawai akan memiliki tingkat efisien dan efektivitas yang cukup tinggi apabila tujuan organisasi yang diinginkan akan tercapai dengan baik. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi menurun atau meningkatnya kinerja pegawai salah satunya adalah faktor lingkungan kerja.
Menurut Triguno (1999:27) untuk melakukan program budaya kerja diperlukan persiapan berupa penciptaan lingkungan kerja dengan paradigma yang disepakati untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara yang lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas, Robbin (1996), Gibson (1944), dan Rivai (2005) sepakat bahwa: ”Lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja. Apabila ditelaah lebih jauh mempunyai maksud yang sama, kinerja individu dipengaruhi oleh karakteristik organisasi atau sejauhmana lingkungan kerja memberikan peluang kepada individu untuk menampilkan kinerja yang tinggi”.
Kondisi lingkungan kerja seperti pencahayaan, temperatur, udara, suara, musik, dan faktor keamanan yang tepat akan mendukung optimalisasi kinerja pegawai karena mereka dapat bekerja dengan kondisi tenang, bersih, konsentrasi dan nyaman.

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Event Marketing

Pengertian Brand Awareness

Pedoman Penulisan Proposal Penelitian, Tugas Akhir dan Skripsi