Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai
, menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dalam suatu organisasi
merupakan hal yang sangat penting karena dapat menumbuhkan inovasi dan
kreativitas seseorang dalam upaya meningkatkan produktivitasnya yang mampu
mengarah pada pencapaian tujuan organisasi.
Lingkungan kerja sebagaimana
dikemukakan oleh Olson (2000:5)
Lingkungan memiliki dua aspek atau dimensi yaitu
lingkungan fisik dan sosial. Dengan demikian lingkungan yang mempengaruhi
organisasi bisa bersifat eksternal dan internal. Lingkungan internal yang
mempengaruhi organisasi sering disebut sebagai lingkungan kerja.
Lingkungan
kerja yang bersifat fisik menurut Sedarmayanti (1996:23) terdiri dari:
·
Penerangan/cahaya di tempat kerja
·
Temperatur di tempat kerja
·
Kelembaban di tempat kerja
·
Sirkulasi udara di tempat kerja
·
Kebisingan di tempat kerja
·
Getaran mekanis di tempat kerja
·
Bau-bauan di tempat kerja
·
Tata warna di tempat kerja
·
Dekorasi di tempat kerja
·
Musik di tempat kerja
·
Keamanan di tempat kerja
Kinerja
merupakan bentuk aktualitas dari kemampuan, motivasi dan kesempatan yang
dimiliki pegawai. Kinerja pegawai akan memiliki tingkat efisien dan efektivitas
yang cukup tinggi apabila tujuan organisasi yang diinginkan akan tercapai
dengan baik. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi menurun atau meningkatnya
kinerja pegawai salah satunya adalah faktor lingkungan kerja.
Menurut Triguno (1999:27) untuk
melakukan program budaya kerja diperlukan persiapan berupa penciptaan
lingkungan kerja dengan paradigma yang disepakati untuk mencapai tujuan
organisasi dengan cara yang lebih efektif dan efisien.
Berdasarkan uraian di atas, Robbin (1996), Gibson (1944), dan Rivai
(2005) sepakat bahwa: ”Lingkungan kerja mempunyai pengaruh terhadap kinerja.
Apabila ditelaah lebih jauh mempunyai maksud yang sama, kinerja individu
dipengaruhi oleh karakteristik organisasi atau sejauhmana lingkungan kerja
memberikan peluang kepada individu untuk menampilkan kinerja yang tinggi”.
Kondisi lingkungan kerja seperti pencahayaan, temperatur, udara, suara,
musik, dan faktor keamanan yang tepat akan mendukung optimalisasi kinerja
pegawai karena mereka dapat bekerja dengan kondisi tenang, bersih, konsentrasi
dan nyaman.
Comments
Post a Comment